Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN NEGERI SINGKAWANG

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN NEGERI SINGKAWANG

JL. Firdaus, No. 3, Singkawang (0562) 633360

Email: pn.singkawang@gmail.com


Sejarah Pengadilan

     Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dalam penjelasannya mengamanatkan bahwa Indonesia adalah Negara Hukum (Rechtaat) dan tidak berdasarkan atas kekuasaan belaka (Machstaat) sehingga Pemerintah berdasarkan system konstitusi sebagai dasar hukum yang tidak bersifat absolutisme dalam arti kekuasaan yang tidak terbatas.

     Pengadilan Negeri Singkawang sebagai salah satu Badan Peradilan Umum Tingkat Pertama dibawah Mahkamah Agung sebagai lembaga Yudikatif merupakan salah satu pilar tegaknya suatu Negara dalam kedudukannya sebagai penyelenggara Kekuasaan Kehakiman yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan di Negara Republik Indonesia secara organisatoris, administratif, dan finansial yang sebelumnya berada dibawah Departemen Kehakiman, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.21 Tahun 2004 dialihkan dibawah Kekuasaan Mahkamah Agung. Pengadilan Negeri Singkawang, secara resmi mulai beroperasi sejak diresmikannya oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Departemen Kehakiman RI bapak Soeroso, SH pada tanggal 2 Agustus 1978.

    Pada saat itu wilayah hukum di Pengadilan Negeri Singkawang meliputi wilayah pemerintahan Tk. II Kab. Sambas. Tahun 1999 wilayah Pemerintahaan Kab. Sambas dimekarkan menjadi Kabupaten Sambas dan Bengkayang.

    Tahun 2004 wilayah Pemerintahan Kabupaten Bengkayang kembali di mekarkan menjadi wilayah Pemerintahan Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang; Wilayah hukum Pengadilan Negeri Singkawang yang berkedudukan di Kota Singkawang hingga pemekaran daerah Kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang masih meliputi daerah Pemerintahan Kota Singkawang, Kabupaten Sambas dan Kabuparen Bengkayang.

    Pada tahun 2007, Pengadilan Negeri Sambas resmi berdiri dengan wilayah Hukum daerah Pemerintahan Kabupaten Sambas, dengan demikian maka wilayah hukum Pengadilan Negeri Singkawang hanya mencakup wilayah Pemerintahan Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang.

Pada tahun 2008, Pengadilan Negeri Bengkayang resmi berdiri dengan wilayah hukum yang meliputi wilayah Pemerintahan Kabupaten Bengkayang, sehingga wilayah Hukum Pengadilan Negeri Singkawang meliputi wilayah Pemerintahan Kota Singkawang yang terdiri dari 5 Kecamatan hingga saat ini.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas