KUNJUNGAN KEMENPAN DAN RB DI PENGADILAN NEGERI SINGKAWANG DALAM RANGKA EVALUASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS

Tim Penilai Nasional (TPN) dalam hal ini dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) melakukan evaluasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada Pengadilan Negeri Singkawang, Rabu (6/11). Tim Evaluator Kemenpan dan RB terdiri dari Novan Kharisma Salainti dan Made Dwi Astika Tajem secara khusus datang dari Jakarta melakukan pengecekkan sistem, mekanisme, prosder, sarana-prasarana, pelayanan maupun inovasi-inovasi yang ada. Kehadiran tim di sambut oleh Ketua Pengadilan Negeri Singkawang Sugeng Sudrajat S.H., M.H., para hakim maupun seluruh pejabat dan staf pada Pengadilan Negeri Singkawang. 

    

Penyambutan sendiri dilakukan secara sederhana, dimulai dari yel-yel selamat datang oleh para hakim dan pegawai yang dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Singkawang Hasanudin, S.H., M.H., dilanjutkan perkenalan dan foto bersama.  Setelah itu langsung berlanjut keacara inti berupa Tim Kemenpan dan RB melakukan konfirmasi lapangan atas semua data Pembangunan Zona Integritas yang sebelumnya telah dipresentasikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Singkawang dihadapan Tim Kemenpan dan RB di Jakarta.

   

Pada tahap ini Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Sekretaris dan Panitera menjelaskan dan menunjukkan semua keunggulan-keunggulan Pengadilan Negeri Singkawang.  Dimulai dari sistem dan mekanisme kerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), e-court, eraterang, inovasi e-banner system, inovasi asisten operator virtual pelayanan, konpensasi bagi pengguna layanan, pelayanan berbasis bilingual (Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin), dan lain sebagainya.

Mengakhiri acara adalah pemberian saran-saran dari Kemenpan dan RB untuk peningkatan pelayanan pada Pengadilan Negeri Singkawang.  Saran-saran tersebut akan dilaksanakan demi makin excellent-nya Pengadilan Negeri Singkawang. 

 

Dengan adanya penilaian lapangan dari Tim Kemenpan dan RB ini diharapkan memberikan keyakinan kepada TPN untuk Pengadilan Negeri Singkawang meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).  Direncanakan acara penganugerahan predikat ini akan dilakukan pada moment Hari Anti Korupsi Sedunia pada 9 Desember 2019.

 

 


Print