Public Campaign Pembangunan Zona Integritas

Demi mewujudkan program Mahkamah Agung RI yakni pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada badan peradilan di bawahnya. Pada hari Jum’at tanggal 12 Juli 2019, Pengadilan Negeri Singkawang menggelar acara jalan sehat yang dirangkai dengan kegiatan Public Campaign dengan tajuk “Pangadilan Negeri Singkawang Kelas I B Menuju Pelayanan yang Cepat, Sederhana, Bersih, dan Berkeadilan". Kegiatan ini bertujuan mensosialisasikan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada Pengadilan Negeri Singkawang dengan cara membagikan bingkisan berisi brosur, stiker dan snack, Dalam kesempatan ini pula, Pengadilan Negeri Singkawang sekaligus mempromosikan produk-produk inovasi Mahkamah Agung RI yakni e-Court dan eraterang.

           

          

 Seperti yang telah kita ketahui bahwa e-Court adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik. Layanan ini dapat diakses pada alamat https://ecourt.mahkamahagung.go.id/. Dalam hal pendaftaran perkara Online, saat ini dikhususkan untuk Advokat. Pengguna terdaftar harus setelah mendaftar dan mendapatkan Akun, harus melalui mekanisme validasi Advokat oleh Pengadilan Tinggi tempat dimana Advokat disumpah. Adapun produk terbaru Mahkamah Agung RI yaitu eraterang adalah layanan Permohonan Surat Keterangan secara elektronik yang dapat diakses oleh pemohon dimanapun ia berada (selama ada akses internet via HP/Gawai dan Komputer/PC). Pemohon cukup mempersiapkan Identitas diri (KTP/SIM), SKCK terbaru, Pas Photo / Scan Foto / Foto yang diambil melalui smartphone pemohon. Selanjutnya pemohon tinggal membuka situs eraterang yakni https://eraterang.badilum.mahkamahagung.go.id/ dan mengunggah semua persyaratan tersebut melalui aplikasi yang tersedia. Setelah proses pendaftaran dan semua persyaratan selesai diunggah di website eraterang, maka Surat Keterangan bisa di ambil di kantor Pengadilan Negeri setempat.

         

          

         

  

Setelah membagikan bingkisan, rombongan kembali melanjutkan jalan sehat dengan membawa spanduk berisikan 5 komitmen Pengadilan Negeri Singkawang dalam mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yakni bekerja secara professional, tidak arogan, tidak malas, serta tidak menerima Tips dan pungutan liar. Setibanya kembali di kantor Pengadilan Negeri Singkawang acara dilanjutkan dengan makan bersama dan pembagian doorprize yang berlangsung sederhana namun tetap meriah dan akrab.

 

           

           

           


Print