Coffee Morning Criminal Justice System Pengadilan Negeri Singkawang

Dalam Black Law Dictionary, Criminal Justice System diartikan sebagai ”the network of court and tribunals which deal with criminal law and it’s enforcement” atau dalam arti sederhana sebagai suatu Jaringan pelaksanaan hukum pidana. Penyebutan kedua kata pengadilan dan peradilan dapat dimaknai bahwa yang dimaksud tidak hanya penegakan hukum oleh peradilan pidana, melainkan lebih jauh lagi dalam melaksanakan fungsi penegakan hukum tersebut dalam suatu jaringan yakni dengan membangun interaksi antara peraturan perundang-undangan, praktik adminisrasi dan sikap atau tingkah laku sosial.

Di Indonesia, pelaksanaan penegeakan huokum (pidana)  ini dibagi menjadi 4 lembaga yang seringkali disebut dengan istilah 4 pilar peradilan, yakni Kepolisian, Kejaksaan , Pengadilan dan Lembaga Pemsayarakatan. Untuk itu, dalam rangka meningkatkan keselarasan hubungan antar lembaga penegak hukum di ruang lingkup wilayah hukum Kota Singkawang, pada Hari Kamis, tanggal 7 Februari 2019, Pengadilan Negeri Singkawang menggelar Acara Coffee Morning Criminal Justice System (CJS) yang digelar di Ballroom Lumbung Hotel Dangau Singkawang.

Acara dimulai degan sambutan oleh Ketua Pengadilan Negeri Singkawang Bapak Sugeng Sudrajat, SH., MH. selaku tuan rumah. Acara ini dihadiri Oleh Kepala Kejaksaan Negeri Singkawang, beserta Kepala-kepala Seksi di Kejaksaan Negeri Singkawang dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kota Singkawang, Berhalangan hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Kepolisian Resort Singkawang diwakili oleh Kepala Satuan Reskrim, Bapak Parikhesit beserta rekan Kepala Satuan lainnya dan para Kapolsek dari lima kecamatan yang ada di wilayah Kota Singkawang.

Diskusi membahas seputar Criminal Justice System  ini berlangsung ringan dan akrab dengan dipandu oleh Bapak Dadi Suryandi, SH., MH., Hakim Pengadilan Negeri Singkawang selaku moderator. Bapak Jerry T., Kepala Kejaksaan Negeri Singkawang mewakili seluruh undangan sangat mengapresiasi acara yang diprakarsasi oleh Pengadilan Negeri Singkawang, atau dalam hal ini Bapak Sugeng Sudrajat, SH., MH. selaku Ketua dan mengharapkan bahwa acara semacam ini akan rutin dilaksanakan secara bergiliran diantara keempat pilar peradilan. Acara ditutup dengan Foto bersama seluruh tamu yang hadir dalam acara tersebut.

 

 


Print