Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran, Penentuan Jalur Evakuasi dan Titik Kumpul tahun 2019

Jum’at, 1 Februari 2019, berkaitan dengan penempatan gedung sesuai prototype, Pengadilan Negeri Singkawang bekerjasama dengan Yayasan Pemadam Kebakaran (BPKS Bhakti Suci) Kota Singkawang kembali menggelar simulasi penangan kebakaran di Kantor Pengadilan Negeri Singkawang. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah pengetahuan para Pegawai Pengadilan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan bila terjadi bencana kebakaran di kantor Pengadilan Negeri Singkawang serta diharapakan untuk menumbuhkan sikap kerhati – hatian dalam menjaga lingkungan agar tidak terjadi bencana kebakaran.

Dalam simulasi ini, seluruh pegawai diminta untuk beraktifitas seperti biasa, termasuk persidangan yang dilakukan oleh para hakim dan beberapa pegawai yang berperan sebagai para pihak dalam persidangan. Kemudian alarm tanda kebakaran dibunyikan. Selanjutnya, tim tanggap darurat, yang sudah dibentuk sebelumnya, bergerak mengevakuasi seluruh pegawai, termasuk hakim dan para pihak yang sedang bersidang tadi keluar gedung Pengadilan melalui jalur evakuasi menuju titik kumpul. Sementara dua orang anggota tim tanggap darurat bergerak menuju ke titik api untuk memadamkan pemicu kebakaran.

Acara dilanjutkan dengan diberikannya pembekalan tentang pemicu terjadinya kebakaran, pengendalian diri saat terjadi kebakaran dan langkah yang dilakukan apabila terjadi kebakaran. Setelah sesi pemberian materi tentang bahaya kebakaran, Tim Pemadam Kebakaran dari Yayasan Pemadam Kebakaran (BPKS Bhakti Suci) Kota Singkawang memberikan simulasi tentang penanganan / tata cara memadamkan api, tata cara menggunakan APAR (alat pemadam api ringan) dan tata cara memadamkan api menggunakan kain basah (karung goni).

 

   

 

     

 


Print