Powered by EverLive.net
Dilihat: 149

 

PENGADILAN NEGERI SINGKAWANG GOES TO CAMPUS

 

KETUA PENGADILAN NEGERI SINGKAWANG MENJADI NARASUMBER KEGIATAN WEBINAR YANG DISELENGGARAKAN OLEH FAKULTAS SYARIAH IAIN PONTIANAK

 

Ketua Pengadilan Negeri Singkawang Bapak Hasanudin, S.H., M.H. menjadi salah satu narasumber kegiatan webinar  “STUDIUM GENERAL” yang diselenggarakan oleh Fakultas Syariah IAIN Pontianak pada hari Sabtu (28/11/2020.

Acara web seminar (webinar) tersebut menghadirkan para narasumber yang berkompeten dan diikuti sekitar 200 orang yang meliputi para dosen dan mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Pontianak yang sangat antusias mengikuti kuliah umum dari para narasumber.

Adapun masing-masing narasumber beserta materi yang disampaikan adalah sebagai berikut:

  1. Prof. Dr. Euis Amalia, M.Ag (Asesor BAN PT (Gurubesar Ilmu Ekonomi Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) menyampaikan materi tentang "ORIENTASI PROFIL DAN MARKET SARJANA HUKUM BERBASIS SYARIAH"

  2. Prof. Dr. M. Noor Harisuddin, M. Fil. I (Dekan Fakultas Syariah IAIN Jember) menyampaikan materi tentang "KEDUDUKAN DAN PROSPEK HUKUM ISLAM PADA HUKUM NASIONAL"

  3. Dr. H. Candra Boy Seroza, M. Ag (Direktur Pembinaan Tenaga Peradilan Agama Mahkamah Agung RI) menyampaikan materi tentang "BLUE PRINT BADAN PERADILAN AGAMA DI INDONESIA"

  4. Dr. Muhammad Hasan, M. Ag. (Dekan Fakultas Syariah IAIN Pontianak)

  5. Hasanudin, S.H., M.H. (Ketua Pengadilan Negeri Singkawang) menyampaikan materi tentang “SINERGITAS PENGADILAN NEGERI DENGAN PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM BERBASIS HUKUM"

Dalam paparannya, Bapak Hasanudin, S.H., M.H. menyampaikan materi tentang:

  1. Sistem hukum di dunia;

  2. Sistem peradilan di Indonesia khususnya peradilan umum;

  3. Profesi-profesi hukum yang berkaitan dengan peradilan dan kaitannya dengan peluang sarjana hukum berbasis syariah;

  4. Reformasi badan peradilan;

  5. Program, inovasi, dan layanan-layanan unggulan berbasis lokal di Pengadilan Negeri Singkawang;

  6. Pembangunan zona integritas di Pengadilan Negeri Singkawang.



SINERGI DENGAN PENGADILAN

Dalam kesempatan yang sama, Bapak Hasanudin, S.H., M.H. juga menyampaikan keterkaitan antara badan peradilan dengan dunia pendidikan. “Bahwa tugas hakim berkait erat dengan dunia akademisi. Pengadilan merupakan “Laboratorium Hukum” yang nyata. Mahasiswa harus mengenal praktek peradilan dari dekat” ujarnya sebagai penutup materi pada kegiatan webinar tersebut.

 

 

Cetak