PN Singkawang Membuka Layanan di Singkawang Grand Mall

 

SINGKAWANG-Pengadilan Negeri Singkawang bergabung dalam Mal Pelayanan Publik (MPP) di Lantai 3 Singkawang Grand Mall sejak 19 Oktober 2020.  MPP ini merupakan layanan terintegrasi dari instansi vertikal dan horizontal di Kota Singkawang dalam satu tempat.   Pada MPP, PN Singkawang memberikan layanan pendaftaran perkara permohonan  dan permintaan surat keterangan. 

 

Layanan pendaftaran permohonan PN Singkawang meliputi semua jenis permohonan bidang perdata seperti perubahan nama pada akta kelahiran, permohonan penetapan anak angkat, wali dan izin jual, dispensasi perkawinan, dan lain sebagainya.

 

Layanan surat keterangan terdiri dari keterangan tidak pernah sebagai terpidana, keterangan tidak sedang dicabut hak pilihnya, keterangan di pidana karena kealpaan ringan atau alasan politik, dan keterangan tidak memiliki tanggungan utang yang merugikan keuangan negara. 

 

"Pengadilan menempatkan dua pegawai yang kompeten di MPP setiap hari kerja dari Pukul 11.00 - 16.00 Wib.  Standar pelayanan yang diberikan sama dengan layanan pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PN Singkawang,” ujar Hasanudin, Ketua PN Singkawang, saat memberi penjelasan kepada pengguna di MPP, Rabu (11/11).  Dengan adanya layanan pengadilan di MPP ini, maka masyarakat tidak perlu mendaftarkan permohonnya di pengadilan.

 

Masyarakat Kota Singkawang banyak membutuhkan layanan pendaftaran permohonan.  Data perkara pada PN Singkawang memperlihatkan dalam satu tahun rata-rata terdapat sekitar 300 (tiga ratus) perkara permohonan.  Oleh karena itu dengan adanya MPP, PN Singkawang berharap akses masyarakat memperoleh layanan makin mudah. 

 

PN Singkawang menjadi pengadilan pertama di Kalimantan Barat yang tergabung dalam MPP.   “PN Singkawang selama ini inovatif dan terdepan dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat,” ujar Charlie Nobel, advokat yang sering mendampingi masyarakat di pengadilan.   Memang, selama ini PN Singkawang banyak membuat inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat. (har)

 

*Sumber: "https://pontianakpost.co.id/pn-singkawang-membuka-layanan-di-singkawang-grand-mall/"


Cetak